Khasiat Buah Kurma

Khasiat Buah Kurma – Siapa yang tidak mengenal buah asal timur tengah yang identik dengan momentum bulan  ramadhan ini? Sebagian besar umat Islam di Indonesia tentu sangat familiar dengan buah yang rasanya manis, dan memiliki tesktur daging buahnya yang empuk ini. Di balik keistimewaan tersebut, ternyata masih banyak lagi manfaat kurma bagi kesehatan tubuh kita yang perlu diketahui bersama.

Kurma merupakan buah yang mengandung begitu banyak nutrisi, buah yang  termasuk ke dalam tanaman palma ini rata-rata memiliki tinggi pohon sekitar 15- 25 meter, dan biasanya setiap buah memiliki panjang 3 – 7 cm dan berdiameter 2-3 cm dengan jenis biji tunggal.

Buah kurma memiliki 3 jenis golongan utama, yaitu: golongan lunak, semi kering dan kering. Nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti thiamin, niasin, folat, dan riboflavin; memberi banyak manfaat bagi tubuh kita, sehingga tidak heran banyak kalangan masyarakat menggemarinya dan menjadi salah satu hidangan sunnah saat berbuka puasa.

Karena khasiatnya ini, kurma pun ternyata sangat cocok untuk ibu hamil dan menyusui, sebab di dalam kurma terdapat kandungan sejenis oksitosit yang membantu merangsang kontraksi otot polos pada rahang saat melahirkan, selain itu kurma juga dapat membantu mengurangi pendarahaan saat melahirkan. Sedangkan sari buah kurma dapat membantu menstabilkan kondisi ibu dan mengembalikan nutrisi pada tubuh setelah proses kelahiran.

Untuk mendapatkan khasiat Kurma, tidak hanya bisa dimakan langsung, namun juga dengan merendamnya untuk mendapatkan air nabeez, air tersebut adalah air hasil rendaman kurma selama semalaman (8-12 jam) dengan mengunakan wadah tertutup yang telah disii air matang dan diminum keesokan harinya. Manfaatnya selain untuk membuang kelebihan asam pada perut, juga bermanfaat untuk memulihkan pencernaaan, serta membuang zat berbahaya dalam tubuh.

Biji kurma juga memiliki manfaat, bukan hanya buahnya saja lho, dengan cara menjemur biji kurma sampai kering, kemudian disangrai dan ditumbuk hingga berbentuk seperti biji kopi kemudian diseduh. Dalam 100 gr biji kurma mengandung protein sebesar 5,2 %, lemak 9,32 %, serat 13,6 %, minyak kuning hijau 8%. Dari olahan biji kuram tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk lulur dengan mencampurkan minyak zaitun dan madu.

Berikut beberapa manfaat  buah  kurma untuk kesehatan tubuh lainnya:

  1. Mengatasi konstipasi (susah buang air besar)
  2. Menunjang kesehatan dan kekuatan tulang
  3. Mengatasi gangguan usus
  4. Membantu mengobati anemia
  5. Menanggulangi alergi
  6. Membantu pemulihan penyakit demam berdarah
  7. Mencecah terjadinya insomnia
  8. Energy Booster
  9. Menjaga kesehatan jantung
  10. Mengurangi rabun senja
  11. Menambah berat badan
  12. Mencegah gejala rematik

Banyak bukan manfaatnya? Mau memiliki kebun kurma sendiri dengan view pantai yang indah? Miliki kavling di kampung kurma sultan saladin sekarang juga ^_^