Membangun Kebun Kurma Seperti di Pasuruan, Bisakah?

Siapa yang tidak kenal dengan Kebun Kurma Pasuruan, satu tempat wisata unik, menarik sekaligus eksotis yang sedang naik daun belakangan ini, dan bisa dikatakan menjadi buah bibir di kalangan pecinta kurma di negeri khatulistiwa kita. Tanaman kurma yang biasanya kita ketahui hanya tumbuh di timur tengah, di atas tanah gurun pasir yang kering, ternyata dapat tumbuh subur dan manis di wilayah Indonesia yang tropis.

Munculnya fenomena kebun kurma di Indonesia telah menjadi angin segar baru, sebuah oase bagi kemandirian pangan dalam negeri akan kebutuhan buah manis dengan rasa khas ini. Sebab selama ini, seperti telah kita ketahui, bahwa untuk memenuhi kebutuhan akan konsumsi kurma, negeri kita masih harus impor pada negeri-negeri yang memang sudah terkenal penghasil kurma. Seperti dilansir oleh dream.co.id, bahwa pada tahun 2014 lalu saja, nilai impor kurma mencapai US$ 37,2 juta atau sekitar Rp 483 miliar untuk menghadirkan sejumlah 30,5 ribu ton kurma ke negeri kita, tentu ini bukanlah jumlah yang sedikit.

Tanaman dengan nama latin Phoenix dactylifera ini memang menjadi makanan incaran terlebih lagi ketika masuk bulan ramadhan bagi kaum muslimin.

kebun kurma di pasuruan

Di tengah kondisi tersebut, kini sangat marak perkebunan-perkebunan kurma muncul di Indonesia, salah satunya yang sudah disebutkan tadi, yakni Kebun Kurma Pasuruan. Melihat ini tentu kita berpikir, apakah benar kurma benar-benar bisa tumbuh subur di negeri tropis seperti Indonesia? Apakah kita juga bisa menanamnya di belakang halaman sendiri? Tenang, ternyata semua bisa diatur. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui agar dapat berhasil berkebun kurma di halaman kita sendiri. Berikut kami ringkaskan apa saja yang harus kita perhatikan dalam menanam kurma, sebagian dikutip dari ahlitani.com:

  1. Suhu.

Suhu yang normal bagi pertumbuhan tanaman kurma adalah sekitar 32 derajat celcius. Untuk pembuahan awal diperlukan suhu di atas 13 derajat.

  1. Tanah.

Tanaman kurma sebenarnya cocok tumbuh di segala jenis tanah, hanya saja tanah harus memiliki kandungan udara yang tinggi, atau terjadi sirkulasi.

  1. Pengairan

Kebun kurma membutuhkan pengairan lebih kurang 2-3 kali dalam satu hari, dan alangkah lebih baiknya lagi jika, tempat kita menanam dekat dengan sumber air.

  1. Jarak tanam

Jarak yang ideal untuk tumbuhnya pohon kurma dengan baik adalah 120-200 pohon per hektar. Atau dengan hitungan kasar, jarak antar satu dengan lainnya antara 6-10 meter.

  1. Masa tanaman yang baik bagi kurma adalah pada rentang bulan april hingga november.

Itulah beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan dalam berkebun kurma. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Wassalam.